Senin, 05 Desember 2011

Kampung Antikorupsi: Kampungnya Pemberantas Korupsi

Pekan Raya JUSTISIA 2011

Dewan Mahasiswa (Dema) Justicia Fakultas Hukum UGM menggelar acara “Kampung Antikorupsi” pada Sabtu (26/11/2011). Acara yang merupakan bagian dari rangkaian bulan antikorupsi Dema Justicia yang bertajuk “JUSTISIA: Junjung Tinggi Semangat Pemberantasan Korupsi di Indonesia” tersebut dihelat di kampus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada.

Kampung Antikorupsi diisi oleh stand-stand lembaga penggiat antikorupsi, mulai dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) FH UGM, LBH Yogyakarta, Pusat Studi HAM UII, hingga LSM yang bergerak di bidang antikorupsi dan lingkungan seperti Indonesia Corruption Watch (ICW), Walhi, Sentra Informasi dan Data untuk Antikorupsi (SIDAK), IDEA, dan Impulse. 

Tema yang diangkat pada bulan antikorupsi ini adalah korupsi di bidang sumber daya alam Indonesia. Acara juga diisi oleh bazaar makanan serta pagelaran seni dan musik yang ditampilkan oleh Badan Semi Otonom fakultas se-UGM.

Lomba-lomba seputar kegiatan pemberantasan korupsi juga dihadirkan dalam Kampung Antikorupsi, contohnya Investigation Roleplay. Lomba ini mengharuskan setiap tim dari sekolah dasar yang berperan sebagai penyidik KPK untuk mengembalikan uang negara yang dikorupsi. Selain itu, diselenggarakan juga lomba melukis dan pameran foto serta deklarasi antikorupsi juga dibacakan bersama oleh para siswa taman kanak-kanak, sekolah dasar, serta segenap pengunjung yang hadir.

Panitia Kampung Antikorupsi Nabiyla Risfa Izzati mengatakan, acara ini diharap mampu menjadi ikhtiar pemberantasan korupsi, serta dapat mencetak generasi muda antikorupi yang tanggap dan paham terhadap bahaya laten korupsi.

Dalam acara tersebut, tampak hadir antara lain Koordinator ICW J. Danang Widoyoko, Direktur Pusat Kajian Antikorupsi Zainal Arifin Mochtar, serta Guru Besar Hukum Pidana UGM Eddy O.S. Hiariej.

Laporan dari M. M. Gibran Sesunan
Komunitas Hukum Tata Negara
Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar