Rabu, 23 Februari 2011

Untuk Kampusku yang Semakin Tua..

Enam puluh lima tahun sudah dilewati, dan dengan gagahnya kampus kita berdiri. Sebuah fakultas pemasok para ahli hukum, yang berjuang menegakkannya sampai langit runtuh, atau pula dengan segala ilmunya menempatkan hukum di etalase tertinggi bernama supremasi, namun menginjak-injaknya seenak hati. Sebuah fakultas yang berdiri megah di tengah kampus yang katanya kerakyatan, dan dengan bangganya telah menyongsong usianya yang tua. Ya, Fakultas Hukum UGM namanya, ia sudah tua, tapi tak boleh lekas senja !!!


Di tengah padang gersang mewujudkan negara hukum yang disertai hiruk-pikuk bobroknya hukum negara yang marak disusupi mafia, kita tentu merindukan sosok-sosok yang menjadi singa di dunia hukum, menjadi macan pengadilan, dan menjadi martir dalam menegakkan keadilan. Kita merindukan karakter-karakter Mr Sujudi, Mr Iskak, dan Mr Sastromulyono yang berdiri gagah membela Bung Karno ketika melawan rezim kolonial Belanda di Pengadilan Landraad Bandung, 1933. Kita juga tentu tidak lupa betapa para Mr (meester in de rechten, gelar sarjana hukum kala itu) turut berjuang mewujudkan Indonesia merdeka, ada Mr Soepomo, Mr Moh. Yamin, Mr Maramis, dan banyak yang lainnya.


Ya, itu cerita lama. Cerita di hari-hari ini, sudahkah kampus kita mengajarkan segenap elemennya untuk bersatu membuat karya peradaban yang sangat dinantikan bangsa ini? Bagaimana kampus bertitel Fakultas Hukum UGM ini memberikan sumbangsih nyata bagi orang-orang yang merindukan cerita lama itu bisa terwujud kembali, setidaknya dari hal-hal kecil. Bagaimana segenap sivitas tak hanya diam ketika melihat adanya dugaan korupsi di fakultas hukum  sebuah kampus kerakyatan yang tak kunjung tuntas, dan bagaimana segenap elemen turut bersuara ketika mendengar jeritan para pedagang kaki lima yang akan digusur dari tempatnya mencari nafkah serta banyak masyarakat yang harus merogoh kocek hanya untuk masuk kampus kerakyatan ini.


Hukum bukanlah soal hukum semata, karena nilai-nilai keadilan adalah jiwa dari hukum itu sendiri dan harus ditegakkan. Sudahkah kita semua memulai itu? Sudahkah kampus kita memulai itu? Selamat ulang tahun wahai rahim penegak hukum dan keadilan! Selamat ulang tahun, bunker antikorupsi! Dan selamat ulang tahun, Fakultas Hukum UGM! Kampus kita sudah tua, tapi janganlah lekas senja, karena pertiwi menantikan karyamu, karya kita! DIRGAHAYU !!!




M.M. Gibran Sesunan
Departemen Aksi dan Propaganda
Dewan Mahasiswa Justicia FH UGM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar