Sabtu, 11 September 2010

Lebih Dekat dengan M.M. Gibran Sesunan

tak kenal maka ta'aruf :)




M.M. Gibran Sesunan, mahasiswa yang lahir di Bandar Lampung, 23 Desember 1990. Menghabiskan masa kecilnya di Liwa-Kabupaten Lampung Barat. Kemudian menempuh pendidikan di SDN 2 Rawalaut Bandar Lampung, SMPN 2 Bandar Lampung, dan SMAN 2 Bandar Lampung. Saat ini sedang merantau di Yogyakarta untuk menempuh pendidikan lanjutannya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM).

Hobinya: segala sesuatu yang berhubungan dengan sepakbola, Liverpudlian, You'll Never Walk Alone! Menyukai musik, dimainkan ataupun hanya mendengarkan, terlebih Greenday, Muse, dan Coldplay, serta musik instrumental Kitaro. Buku menjadi teman setia di kamar, karena kegemarannya membaca buku-buku terkait sejarah, politik, dan hukum. Juga buku-buku yang memotivasi diri untuk menjadi lebih baik. Memiliki koleksi buku cukup banyak, di kamar pribadi ataupun di kamar kost. Senang jalan-jalan, penyuka gunung dan pantai.


Pada 2008, mengemban amanah sebagai Duta Bahasa Provinsi Lampung dan mewakili Provinsi Lampung dalam Duta Bahasa Nasional sekaligus sebagai wakil termuda di acara yang diselenggarakan Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional tersebut. Masih di tahun yang sama, meraih predikat Runner-up II Mekhanai Kota Bandar Lampung, kemudian di tingkat provinsi sebagai Runner-up I Mekhanai Provinsi Lampung (red: Muli Mekhanai=Duta Pariwisata, semacam Abang None di DKI, atau Dimas Diajeng di DIY).


Semasa SMA, pernah menjadi pemenang di Battle of Brains 12th ALSA (Asian Law Students Association) National English Competition Universitas Indonesia. Cukup aktif dalam komunitas debat, dengan sedikit torehan: pemenang LIA English Debating Championship 2007, dan pemenang II Debat Politik Anak Sekolah se-Provinsi Lampung 2009. Terpilih sebagai peserta program pengiriman pelajar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jepang melalui JENESYS (Japan East-Asia Network of Exchange for Students and Youths) Programme, ditempatkan di Prefektur Yamagata.


Aktif berorganisasi. Pernah menjabat sebagai Ketua II OSIS SMPN 2 Bandar Lampung, Wakil Kepala Dept. Kaderisasi Rohis (Rohani Islam) di tempat yang sama. Juga sebagai Kepala Dept. Pendidikan Politik, Berorganisasi, dan Kepemimpinan OSIS SMAN 2 Bandar Lampung.


Juga pernah aktif di dunia musik sebagai gitaris. Tak banyak yang ditoreh, hanya sebagai penyaluran hobi. Prestasi terbaiknya adalah 24 besar band dalam Indomie Jingledare I Region Pulau Sumatera di Palembang-Sumatera Selatan, satu dari lima wakil Lampung dalam ajang itu.


Kini sebagai mahasiswa, bergerak bersama Dewan Mahasiswa Justicia (Badan Eksekutif Mahasiswa) FH UGM sebagai motor perjuangannya. Aktif di Departemen Advokasi sebagai staf semasa Kabinet Progresivitas Langit Biru (Ketua: Ahlul Badrito Resha), diamanahi sebagai Kepala Divisi Internal Kabinet Mentari Peradaban (Ketua: Doni J.A. Saktiawan), dan Kepala Departemen Aksi dan Propaganda Kabinet Jejak Merah Putih (Ketua: Ridwan Affan).

Kini diamanahi untuk memimpin Dewan Mahasiswa Justicia 2012 sebagai Ketua Umum. Juga aktif sebagai asisten peneliti pada Pusat Kajian Antikorupsi (PuKAT) Fakultas Hukum UGM. Bekerja sebagai peneliti dan penulis lepas di berbagai media cetak dan elektronik. Karyanya dapat dilihat di Lampung Post, Radar Lampung, Radar Jogja, dan okezone.com, juga di situs demajusticia.com.


Masih selalu belajar, kepada siapapun, dan dimanapun. Salam kenal kepada semuanya, kepada alam bumi manusia dengan segala makhluk yang bergumul di atasnya :)

M.M. Gibran Sesunan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar