Selasa, 06 Agustus 2013

Olahraga Berburu Babi di Bukit Cambai, Solok- Sumatera Barat

Pernah mendengar olahraga berburu babi ala Minang? Mungkin banyak yang masih asing dengan olahraga satu ini, tetapi kegiatan ini dapat menjadi alternatif untuk mengisi liburan Anda.

Berburu babi merupakan tradisi masyarakat di beberapa daerah di Sumatera Barat, salah satunya di Kabupaten Solok. Mulanya, tujuan berburu babi adalah untuk mengamankan ladang dan kebun dari babi hutan yang sering merusak tanaman bahkan juga menyerang peladang. Namun, kini berburu babi hutan telah menjadi hobi bagi sebagian orang.

Sewaktu mendaki Bukit Cambai di Nagari Simpang Tanjung Nan IV, Kec. Danau Kembar, Kabupaten Solok, saya berkesempatan bertemu dan melihat para peburu babi hutan yang sedang beraksi.

Peburu ini berjalan berkelompok dari pagi hingga sore, yang masing-masing orang disertai 3 sampai 6 ekor anjing. Anjing yang dibawa adalah anjing agresif yang terlatih. Anjing-anjing inilah yang akan memandu pencarian babi dengan menyalak dan mengejar babi hutan apabila telah ditemukan.

Jika berhasil terkepung, maka anjing-anjing peburu akan menyerang babi tersebut sampai mati dan memakan dagingnya. Namun ada juga peburu yang membawa daging hasil buruannya untuk dijual.


Kegiatan ini biasa dilakukan oleh warga saat akhir pekan. Selain sebagai ajang bersilaturahmi, kini ada juga yang menjadikan berburu babi sebagai olahraga minat khusus dengan menggelar event-event perburuan massal.


M. M. Gibran Sesunan
Mahasiswa KKN-PPM UGM Unit 2 Periode Genap-2 / 2013
Nagari Simpang Tanjung Nan IV, Kec. Danau Kembar, Kab. Solok - Sumatera Barat

Tulisan ini dimuat di website Detik Travel.

1 komentar: