Senin, 23 Juli 2012

Tentang DEMA Justicia (5): Mahasiswa Ikut Peduli akan Nasib Buruh


Hidup Buruh!

Hidup Mahasiswa!

Hidup rakyat Indonesia!

Satu hari yang selalu bergejolak, itulah hari buruh internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei. Aksi di kota-kota besar sudah menjadi hal yang lazim ketika hari buruh diperingati oleh para buruh dan orang-orang yang peduli dengan nasib mereka. Beginilah kenyataannya, hingga saat ini nasib para buruh masih sangat tertindas. Lantas aksi atau demonstrasi merupakan jalan yang pantas agar suara mereka didengar oleh orang-orang yang punya kekuasaan. Besar harapan mereka agar orang-orang itu tidak menyalahgunakan kekuasaannya. Di mana kekuasaan itu justru digunakan untuk menyengsarakan rakyat, terutama kaum buruh.

Sebagai kaum yang memiliki tanggung jawab sebagai orang terdidik, sudah sewajarnya mahasiswa untuk ikut merasakan keprihatinan atas penindasan yang dialami oleh para buruh. Selaras dengan adanya gagasan #IndonesiaBerdaulat yang ditelurkan oleh Forum Kajian Strategis UGM, telah menjadi alasan yang cukup untuk mendorong keterlibatan mahasiswa dalam aksi “Solidaritas Mahasiswa UGM untuk Buruh dan Kedaulatan Rakyat”. Aksi ini dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2012 dan diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas yang dikoordinasikan oleh DEMA Justicia (Fakultas Hukum) serta BEM KM UGM. Dalam aksi ini mahasiswa UGM bergabung dengan ARY (Aliansi Rakyat Yogyakarta) yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat.

Tuntutan massa aksi:


1. Tindak tegas pelanggar Upah Minimum Provinsi (UMP).
2. Hentikan pemberangusan serikat buruh.
3. Hapus sistem kontrak dan outsourcing.
4. Berikan akses Jamkesos dan Kartu Menuju Sejahtera (jaminan kesehatan dan pendidikan).
5. Tolak diskriminasi buruh perempuan.
6. Tolak kenaikan harga BBM.
7. Turunkan harga sembako.
8. Cabut Pasal 7 ayat (6) a dan Pasal 18 UU APBN 2012.
9. Cabut UU Migas dan Penanaman Modal Asing.
10. Upah dan kerja layak bagi pekerja rumah tangga.

Terakhir adalah, penyerahan pohon harapan yang berisi harapan dari para buruh yang ada, pohon ini kemudian diserahkan kepada perwakilan DPRD DIY.
Secara keseluruhan, aksi berlangsung tertib dan damai. Selamat Hari Buruh !

Sumber:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar